Peran & Kegunaan Function Generator

Function Generator adalah alat ukur elektronik yang menciptakan, atau membuat gelombang berbentuk sinus, segitiga siku-siku, ramp, bidang empat, dan bentuk gerak pulsa.

Function generator berisi dari generator utama serta generatormodulasi. Generator Utama menyervis gelombang output sinus, kotak, atau getaran segitiga pada rangkuman frekwensi 0, 01 Hz hingga 13 MHz. Generator modulasi menghasilkan wujud gelombang rongga, kotak, serta segitiga dengan rangkuman frekwensi 0, 01 Hz mencapai berbatas 10 kHz. Generator tanda-tanda input siap digunakan sebagai Amplitudo Modulation (AM) alias FrequensiModulation (FM). Selubung (envelope) AM bisa diatur atas 0% cukup 100%; FM dapat diatur frekwensi pembawanya hingga ±5%. Function Generatorumumnya menghasilkan frekuensi pada lingkaran 0, 5 Hz datang 20 Mhz atau lebih tergantung rangka pabrik pembuatnya. Frekuensi yang dihasilkan sanggup dipilih beserta memutar-mutar tombol batas sukat frekuensi (frequency range).



Amplitudo sinyal yang dapat diatur berkisar sempang 0, 1V - 20 Vp-p (tegangan puncak ke puncak) pemastian tanpa beban, dan 0, 1 V - 10Vp-p (Volt peak topeak/tegangan kulminasi ke puncak) dengan pikulan sebesar 50Ω. Output tertinggi ditetapkan sebab SYNC Output. Gambar 47 memperlihatkan satu diantara bentuk Function Generator yang dimaksud.

Generator fungsi (function generator) pun memiliki penjelasan sebuahinstrumen terandalkan yang menganjurkan suatu preferensi beberapa susunan gelombang yang frekwensi-frekwensinya diatur sepanjang rangkuman (range) yang lebar. Bentuk-bentuk yang lazim digunakan ialah sinusoida, segitiga siku-siku, persegi, dan gigi gergaji. Frekuensi susunan - susunan gelombang itu dapat sanggup diatur daripada sati hertz sampai kurang lebih ratus kilokertz (kHz) bahkan sampai megahertz (MHz). generator fungsi pun bagian daripada peralatan ataupun software uji coba elektronik yang dikenakan untuk menobatkan gelombang listrik. Gelombang ini bisa berkali-kali atau mono kali yang dalam peri ini setara sumber gara-gara diperlukan, dengan internal maupun eksternal. Macam lain daripada generator fungsi adalahsub-sistem yang menyediakan output sebanding lawan beberapa input fungsi matematika. Contohnya, output berbentuk kesebandingan dengan pokok kuadrat daripada input. Instrumen seperti itu diterapkan dalam orde pengendali sasaran dan komputer laptop analog.

Generator fungsi analog umumnya merupakan gelombang segitiga siku-siku sebagai pendek jual oxygen meter dari seluruh outputnya. Segitiga siku-siku ini dihasilkan oleh kapasitor yang dimuat dan dicopot secara berulang-ulang dari sumber arus percaya diri. Hal itu menghasilkan ramp voltase menganjur dan surut secara linier. Ketika voltase output memetik batas kepada dan pemisah bawah, prosedur pemuatan serta pelepasan dibalik menggunakan komparator. menghasilkan gerak segitiga linier. Dengan deraian yang bervariasi dan luasan kapasitor, saluran yang berbeda dapat dihasilkan.

Output Jalan Sinus

Distorsi harmonik Total (Total harmonic Distortian - THD) gerak sinus tertinggi, termasuk huru-hara dan harmonik, lebih kecil 0, 5% dari 10 Hz. muncul 50 kHz lebih gede 30 dB dibawah dasarnya dari 50 kHz terlintas 13 MHz. Distorsi modulasi gelombang sinus lebih kuntet 2% THD dari 10 Hz lalu 10 kHz.

Output Getaran Kotak

Nilai RMS secara simetrik (50%) duty cycle) bentuk gelombang sama pada nilai klimaks. Waktu naik atau diturunkan lebih kuntet 18 ns antara 10% dan 90% gelombang output kotak p-p. Simpangan atas pengaturan amplitudo akhir bentuk gelombang ulas setelah overshoot, akan bukan lebih daripada ±10% perhitungan a kh i r. Output Jalan Segitiga Perhitungan RMS susunan gelombang segitiga siku-siku adalah 0, 557 kolam nilai kulminasi. Ramp segitiga sama sisi menyimpang tdk kurang atas 1% atas nilai keseluruhan puncak di puncak ramp.