Teknik Memilih Beton Readymix Solusi Praktis

Beton merupakan satu diantara material utama untuk telatah struktur Beton bertulang. Mengacu pada garis besar Beton terbagi rumpang beton site mix dan beton readymix. Beton site mix diciptakan di zona proyek secara cara mencampurkan material perancang beton sebagaimana semen, pasir, split, serta air ke dalam Beton molen ataupun concrete mixer dengan komposisi tertentu. Tetapi beton readymix di penerapan di batching plant & dikirim di lokasi proyek dalam susunan adonan Beton siap membubuhkan menggunakan mixer truck.

Otoritas dari penggunaan beton readymix antara unik adalah:



Pembelian material kian mudah - tinggal merencanakan mutu Beton yang diinginkan dan kebutuhan material Beton (biasa dihitung dalam dasar m3)

Kian efisien - waktu pengecoran beton semakin cepat dan penggunaan tenaga kerja dalam saat pengecoran lebih sedikit jika dipadankan menggunakan Beton site mix

Mutu jasa pengecoran readymix lebih terjamin - komposisi material pembentuk Beton dan derajat adukan lebih konsisten.

Siap menghasilkan Beton bermutu utama - Beton mutu utama agak susah dihasilkan per beton sitemix karena keterbatasan peralatan, daya kerja, dan pengendalian mutunya.

Sedangkan kekurangan penggunaan Beton readymix sempang lain:

Upah material Beton readymix semakin mahal bahwa dibandingkan Beton sitemix.

Sangat tergantung dr ketersediaan batching plant ketika sekitar zona proyek.

Dalam pemesanan Beton readymix di volume imut (1 cukup 3 m3) kini supplier beton readymix menyediakan truck mixer mini yang bisa melayani kebutuhan readymix yang melalui sendi yang sempit, gang, dan perumahan. Mulai segi harga tentunya Beton readymix pada truck mixer mini kian mahal bila dibandingkan pada truck mixer biasa yang berkapasitas 7 m3.

Alat bantu yang sering diterapkan dalam pekerjaan pengecoran yang menggunakan Beton readymix diartikan sebagai concrete pump atau pompa beton. Fungsi dari concrete pump adalah untuk menggantikan beton readymix dari mixer truck di lokasi pengecoran yang berjauhan agak suntuk dari mandala truck mixer (misal yang lantai atas).

Terdapat beberapa jenis / tipe concrete pump atau pompa Beton yang kadang kala digunakan antara lain:

Meniup Standar: Jangkauannya 18 m



Pompa Long Boom: spektrum hingga 30 m

Pompa Kodok alias Fortable: pompa kodok dapat menjangkau zona lebih dari 100 m dengan memakai penyambungan saluran.